Rabu, 13 Juli 2011

Belajar Membaca dengan Metode Glenn Doman

Saya pertama kali mengetahui mengenai metode Glenn Doman ini dari teman saya yang kebetulan pernah mengikuti seminar Mengajar Membaca Dengan Metode Glenn Domann. Pembicara seminar ini adalah Ibu Irene F Mongkar, pemerhati anak dan praktisi metode Glenn Doman di Indonesia.
Metode Glenn Doman adalah metode mengajarkan membaca untuk balita dengan menggunakan media flash card. Metode ini mulai dapat diajarkan untuk bayi minimal usia 3 bulan, dan diharapkan balita bisa membaca saat usianya 2 tahun ????
Mungkinkah melatih anak usia dibawah 2 tahun untuk membaca?
Jika itu pertanyaan yang muncul dalam benak anda, dengan metode yang diciptakan oleh Glenn Doman, anda dapat mengajarkan membaca kepada anak anda dengan lebih cepat.
Seperti yang diungkapkan oleh Irene F. Mongkar, pemerhati anak dan praktisi metode Glenn Doman yang dikutip dari cybertokoh.com. “Pada usia 11 bulan anak saya bisa membaca 87 kata, selanjutnya pada usia 3 tahun sudah membaca buku. Saat berusia 5 tahun, sudah membaca buku Lima Sekawan,” ungkap Irene F. Mongkar.
Beberapa bulan sebelum anaknya lahir, sekitar 13 tahun lalu, Irene mendapat buku karya Glenn Doman “Bagaimana Mengajar Bayi Membaca”. Buku yang sama telah dibaca dan dipraktikkan rekannya di Surabaya. Pada usia 18 bulan, anak sahabatnya itu sudah membaca judul-judul koran.
Setelah anaknya lahir, Irene mempraktikkan teori Glenn Doman. Saat usia bayinya 11 bulan, ternyata semua kata yang pernah dibacakan sejak ia usia 3 bulan, berhasil.

Wah, membaca artikel tsb membuat saya ingin mencoba metode ini ke zidan. Saya pribadi sih, tujuannya bukan terlalu mengharapkan zidan dapat membaca di usia seperti artikel di atas. Tapi, setidaknya saya ingin memberikan stimulasi aja, syukur-syukur kalau metode tsb berhasil kelak ke zidan sehingga dia dapat membaca di usia dini, amiiinnn. Tapi, sekali lagi saya nggak mau menuntut, bisa alhamdulillah... nggak juga nggak apa-apa hehe.. Setidaknya dapat membentuk satu sinaps (penghubung antar sel syaraf otak) aja, alhamdulillah banget ^_^

Akhirnya, belilah saya flash card seperti di bawah ini :


Saya mulai menerapkan metode ini sejak zidan menginjak usia 4 bulan ini. Flash card yang digunakan untuk metode Glenn Doman adalah yg ada pada sisi kanan gambar di atas.
Cara pengajaran flash card juga gak sama persis dengan metode Glenn Doman seperti di http://dranak.blogspot.com/200mengajar-bayi-anda-membaca-metode.html, 6/06/. Pengajaran yang saya terapkan ke zidan adalah :

Hari ke 1 :
Membacakan 10 kartu flash card seperti di atas di depan zidan secara bergantian. Satu kartu ditunjukkan ke depannya sambil membaca dengan jelas setidaknya 2 detik, jangan sampai lebih dari itu.
Sampai kartu ke 10.

Hari ke 2 :
Membacakan 9 kartu terakhir dari kartu yg dibacakan kemarin ditambah satu kartu baru.

Demikian seterusnya.

Hal yang penting diperhatikan saat menerapkan metode ini adalah :
  1. Ciptakan suasana yang nyaman buat anak kita
  2. Beri jarak antara anak dan kartu kira-kira 1 meter, sehingga anak tidak dapat merebut kartu.
  3. Berhenti jika anak mulai bosan.
          Ini yang sering terjadi di zidan, namanya juga bayi 4 bulan, pasti yg ada dia bengong, celingak-    celinguk atau nangis karena bosan hehe...

Untuk flash card yg di sebelah kiri pada gambar di atas, adalah flash card bergambar yg terdiri dari 3 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris dan Arab. Sebenernya saya hanya iseng-iseng aja mengajarkan flash card ini, hanya ingin menambah perbendaharaan kata aja buat zidan.

Semoga zidan tambah pinter ya.. Insya Alloh, ayah dan ibu akan memberikan yang terbaik buat kamu ya sayang... :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar