Selasa, 19 Juli 2011

Manfaat Membaca Untuk Bayi

Membacakan buku pada bayi adalah langkah pertama mengenalkannya pada buku untuk membangun kecintaan membaca kelak. Membaca buku pun memiliki banyak manfaat untuk perkembangan bayi Anda.

Membaca tidak hanya sebagai pengisi aktivitas dengan bayi. Berikut beberapa manfaat membaca yang perlu Anda ketahui, dan menjadikannya alasan mengapa Anda perlu memperkenalkan buku pada bayi sedini mungkin.
  • Untuk perkembangan bahasa. Saat Anda membacakan buku pada bayi, dia belajar suara dasar, pola dan ritme suara untuk berbicara, perbendaharaan kata, arti kata dan konteks penggunaannya.
  • Melatih memusatkan perhatian khususnya mendengar dan mengingat. Dengan menggunakan macam-macam suara untuk berbagai karakter, Anda membantu bayi belajar aturan dasar komunikasi percakapan, yaitu, bila ada orang berbicara, orang lain mendengarkan. Begitu sebaliknya.
  • Perkembangan informasi. Meski awalnya bayi belum bisa mengikuti cerita atau dialog, secara bertahap bayi akan belajar menghubungkan antara gambar, peristiwa, tindakan dan obyek dengan kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikannya. Bayi juga akan belajar obyek, warna, angka, bentuk dan penjelasan yang membantunya memetakan lingkungan, misalnya, bagaimana cara menggunakan obyek tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Perkembangan sosial. Kebersamaan yang tercipta saat Anda membacakan cerita pada bayi memberinya rasa aman, dicintai dan diperhatikan. Selain itu, ekspresi dan intonasi suara Anda mengajarkannya rupa-rupa emosi manusia.
  • Perkembangan kognitif yang membuat bayi memahami lingkungan dan perannya dalam lingkungan itu.
  • Membiasakan bayi pada buku sehingga kelak mencintai aktivitas membaca.
Ternyata, membacakan buku sejak dini memang sangat penting untuk perkembangan otak anak. Bahkan, sejak dalam kandunganpun membiasakan membacakan buku untuk janin, dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otaknya.
Saya sempat beberapa kali membacakan buku buat zidan saat dia ada dalam kandungan. Tapi, secara rutin saya mulai membiasakan membaca buku buat zidan saat usianya 4 bulan.

Reaksi zidan kalau dibacakan buku sih macam-macam ya... maklumlah kalau bayi seumuran gitu pasti yg ada ya bukunya di sobek-sobeklah.. kadang juga cuek, atau nangis hehe... Tapi saya, gak lanjutin bacanya kalau zidan udah mulai nangis. Itu artinya kalau dia mulai bosan.
Ini adalah beberapa koleksi buku zidan sampai usianya yg ke 8 bulan sekarang :


Buku bantal ini saya beli di online shop, kebetulan teman saya pernah beli di toko ini, recommended.

Keuntungan buku bantal ini antara lain :
  • gak bisa disobek
  • ada suara jika bagian-bagian tertentu dipencet
  • bisa digigit-gigit karena ada teether nya
  • kalau kotor, bisa dicuci

Di atas adalah buku yg berisi tentang pengetahuan, istilah saya sih mini ensiklopedia hehe.. ada dongeng mengenai binatang, mengenal warna - bentuk - angka - kata, ada juga buku dalam bentuk cerita sains lainnya.
Untuk buku yg bernuansa islam ada di bawah ini, misalnya buku yg mengajarkan puasa, sholat, saling memaafkan, belajar bersabar, dll. Ada juga buku cerita barney. Terus terang saya suka ngumpulin cerita barney ini, karena pasti ceritanya mengajarkan kebaikan, misalkan mengajarkan kata-kata bijak, belajar minta tolong dan terima kasih, dll.


Kalau buku di bawah ini, lebih seperti kamus bahasa, ada gambar dengan penjelasan nama dalam bahasa indonesia dan inggris. Gambar yg di sebelah kiri adalah buku untuk pengenalan huruf hijaiyah dan pengenalan angka dalam bahasa arab.
 
Itu sekilas koleksi buku zidan sampai usianya yg ke 8 bulan ini. Alhamdulillah saat saya bekerja, baby sitter zidan telaten membacakan buku-buku itu. Dan kalau pas hari sabtu-minggu, jatah ibunya lah yg membacakannya... eh, si ayah juga bacain kok hehe...
Semoga nanti ayah dan ibu diberi rezeki ya buat beliin zidan buku lagi..
Juga semoga zidan nanti suka membaca ya nak, dan pinter kelak, amiinnn...
Ayah dan ibu sayang kamu nak... :)
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar